Biografi Imam Dawud Adz-Dzahiri

Biografi
Toto Si Mandja – Biografi Imam Dawud Adz-Dzahiri
Untuk memperluas cakrawala tentang madzhab Dawud Al-Dzahiri, kita perlu mengetahui siapa sebenarnya Dawud Al-Dzahiri. Nama lengkap beliau adalah Abu Sulaiman Dawud bin Ali Al-Asfihany Al-Dzahiri. Dia lahir di Kufah pada tahun 202 H dan wafat di Baghdad pada tahun 270 H.
Sejak kecil, dia merupakan bocah yang berotak encer. Oleh karena itu, wajar saja jika dikemudian hari dia menjelma menjadi orang yang fakih (ahli dalam ilmu fiqh). Bahkan seorang mujtahid mustaqil (mujtahid yang mempunyai madzhab sendiri). Lebih dari itu, beliau juga dikenal sebagai huffadzul hadits (orang yang hafal ratusan ribu hadits).


Semula, Dawud merupakan pengikut madzhab Syafi’i yang seti. Kemudian, karena terjadi perbedaan pendapat soal qiyas, beliau mendirikan madzhab sendiri. Prinsipnya, madzhab Dawud Al-Dzahiri dibangun dari lahirnya nash (tekstual). Jika tidak ditemukan nash, Dawud mengambil dari ijma’ sahabat. Apabila hal ini tidak ditemukan, maka ijmaul muslimin yang dijadikan dasar. Sedangkan qiyas, istihsan, saddudz, dzari’ah dan ta’tilul ahkam, dengan tegas Dawud menolak kehadirannya.

Copyright by: Toto Si Mandja
Rate this article!
author

Author: 

Tidak ada orang yang bodoh, yang ada orang yang tidak mau belajar.

Related Posts

Comments are closed.