Biografi Presiden Habibie

Biografi
Toto Si Mandja – Biografi Presiden Habibie

Sosok manusia Multidimensional “Tidak memprioritaskan teknologi dan ilmu pengetahuan adalah salah. Seluruh dunia tahu bahwa tidak ada kemajuan tanpa penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi”.

Habibie adalah tokoh yang begitu dibanggakan bangsa ini pada era 80-an hingga kini. Kita sungguh bangga kepadanya karena berhasil merancang pesawat terbang CN-235 dan N-250 yang membawa harum nama Bangsa Indonesia di mata internasional.

Mantan Presiden RI ketiga, si Genius ilmuan konstruksi pesawat terbang ini lahir di Pare-pare pada tanggal 25 Juni 1936, dengan nama lengkap Bachruddin Jusuf Habibie. Pada masa kejayaannya, segudang jabatan diembannya. BJ. Habibie adalah manusia paling multidimensional di Indonesia. Dia menusia cerdas yang sempat menghadirkan banyak harapan bagi kemajuan teknologi negeri ini.

Habibie hanya kuliah setahun di ITB Bandung, sebelum terbang ke Jerman untuk kuliah selama puluhan tahun. Ia meraih gelar doktor pada bidang konstruksi pesawat terbang di Jerman dengan predikat summa cum laude. Setelah itu, ia bekerja di industri pesawat terbang terkemuka di Jerman. Kemudian, ia kembali ke Indonesia untuk memenuhi panggilan Presiden Soeharto.

Posisi yang pernah diembannya adalah menjabat Menteri Negara Ristek/Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), mendirikan dan menjadi Ketua Umum ICMI (Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia), memimpin sepuluh perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Industri Strategis, dipilih MPR menjadi wakil presiden RI, untuk menggantikan Soeharto yang menyerahkan jabatan presiden kepadanya berdasarkan Pasal 8 UUD 1945.

Pada tanggal 10 Agustus 1995, Habibie berhasil meluncurkan pesawat terbang N-250 “Gatotkoco“. Pesawat itu hasil karya asli putra-putra terbaik bangsa yang tergabung dalam PT. Industri Pesawat Terbang Nusantara (IPTN), yang kini menjadi PT. Dirgantara Indonesia.

Ketika menjabat sebagai Presiden RI selama setahun, ternyata menurut beberapa sumber di sekitar presiden, Habibie tidak pernah mengambil gajinya sama sekali. Baginya, gaji bulanannya itu lebih baik dialokasikan untuk kebutuhan rakyat banyak daripada dinikmati sendiri.

Pustaka:
Iskandar, Salman. 2008. 99 Tokoh Muslim Indonesia. Bandung: Dar Mizan.

Copyright by: Toto Si Mandja
Rate this article!
Biografi Presiden Habibie,5 / 5 ( 1votes )
author

Author: 

Tidak ada orang yang bodoh, yang ada orang yang tidak mau belajar.

Related Posts

Comments are closed.