Biografi Presiden Megawati Soekarno Putri

Biografi
Toto Si Mandja – Biografi Presiden Megawati Soekarno Putri

Kalau berani memegang lidah, kita akan tahu sumber suara kita datang dari lidah yang keluar melalui kerongkongan. Kita renungkan, lidah siapa yang saat ini banyak bersuara dan berkelit sehingga mengeruhkan situasi dan kondisi kehidupan bangsa“.

Putri proklamator ini dilahirkan di Yogyakarta pada tanggal 23 Januari 1947. Pada masa kecilnya, Megawati banyak menikmati pengalaman indah di lingkungan Istana Merdeka. ia merupakan sosok lembut dan pendiam serta senang menari. Masa SD hingga SMA dilaluinya di Perguruan Cikini, Jakarta. Setelah itu, ia pernah dua kali kuliah, tapi tak pernah selesai. Yaitu, di Fakultas Pertanian Unpad pada tahun 1965-1967 dan Fakultas Psikologi UI pada tahun 1970-1972. Kedua masa kuliah itu adalah masa-masa krisis Soekarno menjelang wafatnya.

Saat kuliah, ia aktif di Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI). Setelah rezim Orde Baru tumbang. PDI Mega yang berubah menjadi PDI Perjuangan berhasil memenangkan Pemilu 1999. kemenangan ini menempatkan megawati pada posisi paling layak menjadi presiden. Tetapi, pada SU MPR 1999, ia kalah bersaing dengan Gus Dur.

Majalah Forbes, 4 September 2004, menempatkannya pada posisi kedelapan dari 100 wanita terkuat didunia. mega dinilai teguh memegang prinsip, konsisten dan visioner.

Megawati membuktikan diri bahwa dia adalah Ketua Umum PDI Perjuangan yang sesungguhnya ketika PDI memiliki kepengurusan ganda dari pusat sampai daerah. Kepemimpinan ganda ini terjadi karena Munas PDI yang diselenggarakan di Jakarta pada tahun 1994, mengukuhkan Megawati sebagai Ketua Umum PDI 1993-1998. Sementara itu, Kongres Luar Biasa PDI di medan menobatkan kembali Soerjadi sebagai Ketua Umum PDI periode yang sama. Lalu, terjadilah kasus 27 Juli 1996, yang dikenal dengan nama Kudatuli.

Perebutan kantor DPP PDI itu mengira akan memadamkan keberanian Megawati, tetapi malah menyalakan keberanian rakyat dan mahasiswa. Mereka mengadakan perlawanan hingga akhir pemerintahan Soeharto pun berakhir.

Pustaka:
Iskandar, Salman. 2008. 99 Tokoh Muslim Indonesia. Bandung: Dar Mizan.

Copyright by: Toto Si Mandja
author

Author: 

Tidak ada orang yang bodoh, yang ada orang yang tidak mau belajar.

Related Posts

Comments are closed.