Biografi Presiden Soeharto

Biografi
Toto Si Mandja – Biografi Presiden Soeharto

Selepas pengunduran dirinya sebagai presiden, Pak harto banyak disorot sejak bergulirnya Reformasi hingga jatuhnya orde baru pada 21 Mei 1998. Dia adalah Soeharto, penguasa Orde Baru yang menjadi presiden RI selama 32 tahun.

Nama lengkapnya Haji Muhammad Soeharto, ia lahir di Kemusuk, Godean, 1 Juni 1921. Ia akrab dipanggil Pak Harto. Ia adalah sosok besar yang memimpin Republik Indonesia. Suatu kemampuan yang harus diakui teman dan lawan pilitiknya.

Namun akhirnya, anak dari Kertosudiro dan Sukirah ini harus meletakkan jabatannya secara tragis. Tidak semata-mata karena desakan demonstrasi mahasiswa dan tokoh-tokoh Reformasi 1998, tetapi karena penolakan para pembantu dekaatnya.

Soeharto memang terpilih kembali menjadi presiden periode 1998-2003 pada Sidang Umum MPR, 1-11 Maret 1998. Namun, komponen mahasiswa dan berbagai kelompok masyarakat terus melancarkan demonstrasi untuk memintanya turun serta Golkar dibubarkan. Saat itu, Pak Harto masih terlihat yakin bahwa demonstrasi itu akan surut. Maka pada awal Mei 1998, ia berangkat ke Kairo, Mesir, untuk menghadiri KTT (Konferensi Tingkat Tinggi) Nonblok.

Selama kepergian Pak Karto ke Kairo, suasana Jakarta semakin mencekam. Pada awal 12 Mei 1998, terjadi penembakan mahasiswa di Kampus Universitas Trisakti. Lalu, pada 14 Mei 1998, terjadilah malapetaka di Jakarta. Pertokoan dan pusat-pusat perbelanjaan dibakar. Situasi ini memaksa Soeharto pulang lebih cepat daari jadwal pertemuannya di Meris.

Rabu malam, 20 Mei 1998, pukul 10.00 pagi di istana Merdeka, Presiden Soehaarto menyampaikan pidato pernyataan resminya untuk berhenti sebagai presiden Republik Indonesia. Kemudian, ia melimpahkan jabatan presiden kepada wakilnya, Bacharuddin Jusuf Habibie.

Pustaka:
Iskandar, Salman. 2008. 99 Tokoh Muslim Indonesia. Bandung: Dar Mizan.

Copyright by: Toto Si Mandja
Rate this article!
author

Author: 

Tidak ada orang yang bodoh, yang ada orang yang tidak mau belajar.

Related Posts

Comments are closed.