Calung Seni Sunda

Seni
Calung merupakan alat musik yang berasal dari Sunda. cara memainkan alat musik ini dengan cara dipukul bagian batang bambu yang tersusun menurut tangga nadanya. Penta Tonik (de mi na ti la da).
calung Sunda terbagi menjadi 2, yaitu calung rantay dan calung Jinjing waditra. Calung jinjing terbuat dari bahan bambu hitam biasanya bertangga nada Salendro ( bertangga nada Pelog ) serta Madenda ( nyorog ). Calung jinjing merupakan pengembangan dari calung gambang.

    Calung Jinjing berasal dari bentuk dasar calung rantay ini telah dibuat dalam empat bagian bentuk wadrita yang terpisah , keempat buah wadrita terpisah ini memainkan dengan cara dijinjing oleh empat pemain dan masing-masing memegang calung dalam fungsi berbeda . Wadrita calung terdiri dari 1 Kingking, 2 Panepas, 3 jongong, 4 gonggong sedangkan calung kingking jumlahnya limabelas nada / oktaf dala nada yang paling kecil ( teringgi )
    Calung Panepas jumlahnya lima potong untuk lima nada (1 Oktaf) nadanya merupakan sambungan nada terendah calung kingking dan dari lima nada tersebut ada yang yang dibagi dua ada yang digorok ( disatukan jongjong seperti halnya panepas yang berbeda hanya nadanya yang lebih rendah dari panepas ) nada panepas bentuknya selalu tinggi dibagi dua yaitu 3 potong untuk nada berturut-turut dari yang tinggi , dua potong untuk dua nada lanjutan
    Calung Gonggong merupakan calung yang paling besar jumlahnya hanya  dua bumbung yang disatukan keduanya dalam nada rendah diantara keseluruhan calung . Jenis calung yang sekarang berkembang dan dikenal adalah calung jinjing.
Copyright by: Toto Si Mandja
Rate this article!
Calung Seni Sunda,5 / 5 ( 1votes )
author

Author: 

Tidak ada orang yang bodoh, yang ada orang yang tidak mau belajar.

Related Posts

Comments are closed.