Hobi Blogging Tak Mesti Menghasilkan Duit

Artikel, Coretan

Siapa sih yang gak punya hobi? semua orang so pasti punya dong. Entah itu nulis, nonton, makan, gowes, blogging, bahkan tidur sekali pun. Ketika segala sesuatu yang kita sukai dilakulan dengan senang hati itu namanya hobi. Jika seseorang hobi blogging, maka semuanya akan dimaksimalkan demi hobinya itu, meskipun harus tekor (misalnya).

Ini perbincangan yang menarik jika dibahas, namun saya kadang males nanggepinnya. Ada temen sejawat, ketika saya nyeletuk masalah blog maka pertanyaan pertama yabg keluar adalah, udah menghasilkan berapa duitnya? blablabla, dan semacamnya.  Anehnya yang bilang seperti itu bukan anya 3 atau lima orang, tapi banyak.

Spontan aja saya jawab, saya emang dasarnya seneng blogging. Meski pun blog saya tak  berpengjasilan, tapi saya sama sekali terbebani dengannya, bahkan seneng banget. Lah ko seneng banget? Logikanya, kamu seneng maen bulu tangkis, apakah setiap kamu maen, harus menghasilkan duit? enggal dong yah, bahlan malah kamu harus merogoh kocek untuk beli raket, kok dan mungkin perlengkapan lainnya karena saking senengnya. Yah blogging juga seperti itu.

Masalah pertanyaan kenapa gak pasang iklan ads (atau apalah itu namanya), semacem pasang iklan gambar, terua berharap diklik pengunjung blog. Hualah dempit bener toh kalo NgeBlog cuma gituan doang. Ini masalahnya bukan mau pasang atau tidak, tetapi saya sebagai blogger ingin memberikan informasi, isi dan tampilan blog yang nyaman bagi pembacanya. Bukannya pembaca males baca setelah pusing dengan iklan yang beterbangan di blog kita.

Bagi saya kenyamanan pembaca menjadi nilai yang sangat besar, meski pun tak menghasilkan duit, tapi berbagi adalah sebuah kebaikan yang bisa dirasakan kemaren, sekarang bahkan besok lusa. Apa pun yang udah kita berikan, pasti bermanfaat meskipun hanya sedikit.

The Secret of Knowledge

Copyright by: Toto Si Mandja
author

Author: 

Tidak ada orang yang bodoh, yang ada orang yang tidak mau belajar.

Related Posts

Comments are closed.