Kiat-kiat Menghidupkan Organisasi

Artikel
Toto SI Mandja – Berorganisasi memang menyenangkan, tetapi kadang kala organisasi yang kita jalankan tidak begitu hidup atau cenderung mencekam/mati. Cara untuk menghidupkan lagi semangat organisasi sehingga membuat program kerja akan semakin mudah dilaksanakan. Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan agar dapat menghidupkan semangat lagi:
1.    Kembali kepada visi dan misi dibentuknya organisasi tersebut dengan berbagai program kerja yang telah dibuat. Ini akan membentuk kembali pemikiran semua anggota mengenai urgensi (hal yang sangat penting) dibentuknya organisasi ini.

2.    Refresh dengan membuat kegiatan senang bersama selain dengan menyadari visi dan misi awal, kita dapat membuat program refreshing bersama walau hanya dengan pergi jalan-jalan untuk mencairkan suasana.
3.    Renungan malam bersama dan ini merupakan cara yang paling sensitif yang dilakukan oleh organisasi. Hal ini langsung dapat melepaskan segala macam gundah gulana yang biasa dialami oleh para anggota.
4.    Terbuka terhadap masalah pribadi maupun masalah organisasi, ceritakan semua apa yang kita hadapi, dengan harapan semua anggota bisa membantu masalah yang kita hadapi, sehingga pikiran kita tidak terlalu tersita pada permasalahan masing-masing individu, yang pada akhirnya organisasi diabaikan.
5.    Jalinlah komunikasi diluar forum organisasi, diluar organisasi tetapi pembahasan tentang sedikitnya perencanaan minggu depan atau hanya sekedar menguatkan solidaritas anggota, supaya tercipta suasana yang berbeda.
6.    Minta kritik dan saran pada organisasi lain, agar segala kekurangan dapat segera diperbaiki, dan meminimalisir kekurangan itu semaksimal mungkin.
7.    Buat interaksi sosial dengan orang/organisasi lain, agar mendapatkan jaringan yang luas dan tidak monoton, selain itu juga bisa bekerjasama agar bersama-sama membangun dan menghidupkan masing-masing organisasi.
8.    Upgrading, penyegaran kembali organisasi dari awal masa jabatan hingga kembali menata visi dan misi setiap bidang, sehingga semakin terarah dan bisa dilaksanakan dengan baik.
9.    Tumbuhkan rasa tanggung jawab anggota dan jangan saling mengandalkan tanggung jawab pada anggota lain.
Hidup atau matinya sebuah organisasi tergantung pada orang-orang didalamnya. Memang sangat susah menghidupkan sebuah organisasi, terlebih lagi jika masing-masing individu susah untuk diajak bekerjasama, dan memang pada dasarnya organisasi itu adalah kerjasama yang baik. Jika Ketua tak ada anggota, apa lah artinya, begitu juga sebaliknya, anggota tanpa atasan tidak akan bisa menjalankan tugas dengan baik.

Copyright by: Toto Si Mandja
Rate this article!
author

Author: 

Tidak ada orang yang bodoh, yang ada orang yang tidak mau belajar.

Related Posts

Comments are closed.