Melunasi Janji Wisuda, Gowes Cirebon-Subang

Coretan

Awal masuk kuliah pertengahan tahun 2011. Tahapan demi tahapan saya lalui dengan pahit, getir, letih dan lesu. Waktu berputar sangat cepat, karena tugas bisa melupakan semuanya. Pertengahan 2014, semester VI KKN (Kuliah Kerja Nyata) di Indramayu, selama 40 hari. Awal 2015, PPL (Praktek Pengalaman Lapangan) di SMP Negeri 16 Kota Cirebon, selama 4 bulan.

Awal tahun 2015 mulai sedikit demi sedikit menggarap Skripsi. Pertengahan bulan Juni, masa SK Bimbingan hampir habis. Skripsi mulai menemui kejenuhan. Waktu sidang yang begitu mendesak, membuat saya berpikir aneh dan sempat bergumam dalam hati. Antara ketidak percayaan wisuda gelombang I atau gelombang II. Dari keraguan dan kecemasan itu, akhirnya mulut saya melontarkan ucapan, lebih tepatnya dibilang nazar kali yah. Iya nazar “kalo saya wisuda tahun ini (red, Okt 2015), saya.akan gowes Cirebon-Subang, tolong kalian jadi saksi.” Begitu kira-kira ucapan saya dulu. Saya anggap ucapan itu sebagai nazar yang harus dibayar dikemudian hari.

Proses bimbingan selama kurang lebih 2-3 bulan berjalan lancar dan dimudahkan. Sampai pada akhirnya ke BAB V dan rampung sudah. Akhir Juni saya pastikan semua proses dan berkas dan syarat sidang harus segera diserahkan. Hingga pada awal Juli, suatu kebanggaan bisa mendapatkan tiga tanda tangan dosen pembimbing dan ketua jurusan dalam waktu setengah hari. Yah lagi-lagi mendapat kemudahan.

Sidang telah rampung, revisi juga selesai. Daftar wisuda pun sudah. Tiba saatnya tanggal 14 Oktober 2015, wisuda sarjana yang dinanti-nanti setelah 4 tahun bergelut dengan tugas, tugas, tugas dan lain-lainnya.

ada celetukan temen yang mengingatkan, “ada yang mau gowes ke Subang nih!”. hahaha saya hanya bisa tersenyum dan bilang “tenang, santai aja sih.” yah saya memang harus segera melunasinya. 1 hari setelah wisuda, saya langsung gowes dini hari, berangkat pukul 02.15, sampe rumah pukul 11.15. yah 9 jam lamanya. Bokong terasa anget-anget gimana gitu. Busyet dah, kalo bukan karena niat yang udah bulet, mungkin gak akan deh.

Selama perjalanan sempat beberapa kali berhenti dan istirahat. Sedikit melepas lelah dan meneguk sebotol air. Berbekal senter kecil, karena khawatir kendaraan lain merasa kagok.  Jadi selama pukul 02.00-04.30, saya nyalakan senter demi keselamatan. Tak banyak barang yang dibawa, hanya tas kecil dan tas untuk membawa toga yang sempat enggak dibawa pulang keluarga, karena pengen foto studio bareng temen tapi enggak jadi.

Hanya butuh 30 menit hingga sampai Plered, dan 45 menit ke Palimanan. Ah tak terasa, saya udah jauh juga, mengayuh tanpa beban. Mungkin ada yang memudahkan, tapi entahlah. Sepeda terus saya kayuh, hingga di Susukan berhenti sejenak, melepas letih. Pukul 05.00, saya putuskan untuk berhenti di salah satu masjid di Kertasemaya, subuh dan sedikit memejamkan mata walau hanya 15-20 menit.

Pukul 05.30, lanjut gowes sesekali lirik ke kiri mencari warung makan. Mana ada warung makan buka jam segini. Ngaco aja. Ah belum terlalu lapar, sampe sejauh itu mencari dan sekitar pukul 08.20, baru nemuin bubur ayam,  hahaha. Sarapan dulu, biar semangat lagi. Sesekali selfie, mengabadikan momen bersejarah ini.

Gowes lagi, jam berapa yah lupa tuh, berhenti di toko, beli Krat**deng dan M*zon hahaha. Jos kenceng lagi gowesnya. Dari Cirebon sampe Karangsinom hanya minum sebotol air minum ukuran 600ml. Nggak paham deh kenapa tuh, padahal air diminumin terus, tapi perasaan awet banget.

Kadang merasa asing sendiri, yang lain pake motor mobil, lah ini ake sepeda sendirian. Kadang juga dikagetin sama suara kelakson bus dan tronton yang gede, busyet dah ngagetin aja. Tapi rame hahahaha walau sendiri tapi berasa dewekan. yasudahlah.

Tak terasa udah sampe Patrol, Sukra dan lihat gapura selamat datang di Subang. Horeee, akhirnya sampe subang juga, berasa mimpi. Sama sekali enggak cape, aneh emang tapi nggak tau deh kenapa. Paling bokong doang yang panas dikit hahaha.

Di Pusakanagara, berhenti lumayan lama, minum es buah dan berbincang-bincang dengan tukangnya. Si mang nya juga nggak percaya kalo saya dari Cirebon, “ah masa” bilang gitu dia. Lah wong cuma 140 KM ko mang. Setelah lama berbincang, saya lanjut gowes lewat rute Compreng dan melewati perahu untuk sampe ke Desa tempat saya tinggal.

Perjalanan dilanjutkan dengan sangat santai dan menikmati pemandanan. Masih belum percaya dari sana ke sini hampir 8 jam lebih. Akhirnya sampe juga di rumah, tepat pukul 11.15. hmmm banyak orang rumah yang merasa aneh dan heran, lah kenapa? saya kan orang aneh hahahaha

Emang banyak yang gak percaya sih, tapi pas fotonya diupload ke Facebook, baru deh tuh angguk-angguk…

udah ah TAMAT, cape ngetiknya…

Peribahasa Jerman mengatakan bahwa “alyon-alyon aseal keylakhon”. Artinya “Pelan-pelan tapi pasti.” wkwkwk itulah pelajaran yang saya dapatkan.

Copyright by: Toto Si Mandja
author

Author: 

Tidak ada orang yang bodoh, yang ada orang yang tidak mau belajar.

Related Posts

One Response

  1. author

    WARHADI KALTIMMaret 21, 2016 at 9:48 am

    KALAU ANDA MAU TAU INFO TOGEL, KENALKAN NAMA SAYA PAK WARHADIK, KAMI TINGGAL DIKALTIM PEKERJAAN JUAL NASI GORENG, SELAMA KAMI KENAL YANG NAMANYA NYI REKSO SARASWATI NASIB KAMI TIDAK SEPERTI YANG DULUH… KAMI SANGAT BERTERIMA KASIH KEPADA NYI REKSO SARASWATI BERKAT ANGKA YANG DI BERIKANN SAMA BELIAU.DAN ALHAMDULILLAH TEMBUS.DAN KAMI MINTAH ANGKA,4D…

    ANGKA NAIK YAITU,DI.
    6D.SPORTS,TOTO 5D 6D
    SIAPA TAU ANDA SEMUA MAU RASAIN SILAHKAN GABUNG SAMA KAMI,

    DAN KAMI BERSUKUR HASIL PASANG TOGEL TGL,07,07,2014…
    ….
    SEMUA HUTANG HUTANG DLM KELUARGA KAMI KINI DPT TERLUNASI ,KAMI PUN BISA MEMBUKA USAHA KEMBALI,WALAUPUN ITU DGN CARA PASANG TOGEL, ITU MERUPAKAN RESKI BAGI KAMI SE- KELUARGA ,JADI YG SERING KALAH DLM PERMAINAN TOGEL HUBUNGI NYI REKSO SARASWATI /SMS KE NMR INI,082322216958—KESUSAHAN ANDA DALAM MAIN
    TOGEL DI,JAMIN [5] KALI PUTARAN… NYI REKSO SARASWATI Terima kasih yang amat dalam kami ucapkan kepada NYI REKSO SARASWATI yang telah memberikan kebahagian bagi keluarga kami…berkat Beliau kami sekarang udah hidup tenang..sudah tidak di kejar-kejar hutang…Kami di berikan Angka Ritual Ghoib Dari NYI REKSO SARASWATI yang sangat sangat Jitu 100%…hingga kami sekarang merasa tenang lagi…terima kasih NYI…Jika Anda ada yang merasa kesulitan masalah Nomer Toto apaka 2D.3D.4D.5D.6D.itu semua terserah anda, silahkan HBG ATAU SMS Aja NYI REKSO SARASWATI
    …di nmr HP [082322216958]pasti anda akan merasakan apa yg selama ini kami rasakan…Salam Bahagia dan Sukses..!!

    DENGAN ANGKA GOIB ,ATAU ANGKA RITUAL// ANGKA MAHLUK HALUS….
    KLIK DISINI
    angka;GHOIB: singapur
    angka;GHOIB: hongkong
    angka;GHOIB; malaysia
    angka;GHOIB; toto magnum 4d
    angka"GHOIB; laos…
    angka"GHOIB; macau
    angka"GHOIB; sidney
    angka"GHOIB: vietnam