Sekolah Bukannya Pinter Malah Nambah Goblok

Prihatin liat pemandangan di medsos, alayers berbangga mengaplod foto-foto kelulusan (coret-coret seragam). Ironi sekali, ketika remaja sedang krisis karakter, ditambah peristiwa ini semakin menunjukan wajah pendidikan Indonesia sebenarnya. Meski pun tak semua siswa melakukannya, tapi dunia pendidikan dinilai gagal mencetak generasi yang menghargai jerih payah pendidikan Indonesia.

Bagaimana tidak, seharusnya sekolah membuat mereka pintar, bahkan cerdas, tapi mereka malah semakin goblok dengan berbagai tindakannya yang merusak citra pendidikan Indonesia. Meluapkan kegembiraan sah-sah saja, tapi tidak dengan cara yang negatif. Ada cara lain yang lebih elegan dan tetap menjaga nama baik pribadi maupun sekolah.

Mereka merasa bebas dari jerat sistem pendidikan yang mengekang, hingga terlontar ucapan, “akhirnya tugas kita sebagai pelajar telah selesai”. Coret-coret seragam, melepas kerudung, rok panjang disobek sampr paha, konvoi motor di jalan raya, ekspresi foto yang berlebihan dan sebagainya. Bisa dibayangkan kan mereka akan menjadi apa, atau masa depan mereka seperti apa? Orang yang bijak tak akan pernah lelah belajar meskipun badai menerjang. Tuntutlah ilmu meskipun usia sudah tak lagi muda. Karena mencari ilmu adalah kewajiban bagi setiap muslim. Bahkan dari mulai lahir hingga ajal menjemput.

Copyright by: Toto Si Mandja
author

Author: 

Tidak ada orang yang bodoh, yang ada orang yang tidak mau belajar.

Related Posts

Comments are closed.