Teknik Membaca Cepat

Tips
Toto Si Mandja – Teknik Membaca Cepat
Salah satu dalam kegiatan belajar mengajar (KBM) di perguruan tinggi adalah membuat makalah. Untuk tugas pembuatan makalah tersebut, seyogyanya mahasiswa memiliki banyak referensi yang menunjang makalah yang dibuat. Referensi yang dimaksud dapat berupa buku, jurnal, serta bentuk tulisan lainnya. Semakin banyak referensi yang digunakan maka akan semakin mendalam isi makalah sehingga kualitas informasi akan semakin baik.
Akan tetapi, banyaknya referensi yang kita miliki, tidak serta merta menjadikan referensi tersebut layak kita jadikan rujukan. Kadangkala kita hanya memerlukan satu paragrap, satu kalimat bahkan satu kata saja yang sesuai dengan makalah kita.

Lalu bagaimana kita ‘mengelola’ sebuah buku dengan ketebalan 300 halaman yang memuat kurang lebih 350.000 kata?
a. Pemahaman
Pemahaman adalah kemampuan membaca untuk mengerti: ide pokok, detail penting dan seluruh pengertian. Untuk pemahaman dibutuhkan basic vocabulary, akrab dengan struktur dasar dalam penulisan (kalimat, paragrap), minat, jangkauan mata, kecepatan interprestasi, pengalaman sebelumnya, kemampuan intelektual, keakraban dengan ide yang dibaca, tujuan membaca serta keluwesan mengatur kecepatan.
b. Membaca Ide Pokok
Untuk mendapatkan ide pokok dengan cepat Anda harus berpikir bersama penulis, ikuri struktur dan gaya penulisannya.
c. Skimming dan Scanning
Referensi yang kita baca harus sesuai dengan tujuan kita membaca. Kita tidak boleh diperbudak oleh apa yang tercetak dengan membaca semua yang ada. Jika kita tidak membutuhkan fakta-fakta dan detailnya, maka lompati fakta dan detail itu dan pusatkan perhatian untuk cepat menguasai ide pokoknya.
Sebaliknya, jika Anda hanya membutuhkan suatu fakta atau informasi tertentu saja. Teknik melompat (skipping) untuk langsung ke sasaran yang kita cari disebut Scanning.
d. Note-Taking
Pada saat kita tertarik terhadap sebuah ide, gagasan, fakta atas teks yang kita baca, maka kadangkala kita perlu membuat catatan. Catatan tersebut berguna untuk membantu melihat struktur apa yang dibaca, mengambil pokok yang menarik, berguna atau sesuatu yang diperlukan, mengingat-ingat yang perlu diingat, mengacu kembali beberapa waktu kemudian dan membantu konsentrasi dan memudahkan apa yang kita baca.
Copyright by: Toto Si Mandja
Rate this article!
Teknik Membaca Cepat,5 / 5 ( 1votes )
author

Author: 

Tidak ada orang yang bodoh, yang ada orang yang tidak mau belajar.

Related Posts

Comments are closed.