Toleransi Antarumat Beragama

Masih ingat aja dulu pelajaran PKn tentang toleransi di kelas 5 SD. Sedini itu kita diajarkan tentang kerukunan umat beragama, saling menghargai antar pemeluk agama lain, saling menghormati satu sama lain. Tidak ada sedikit pun guru mengajarkan harus menjauhi umat yang berbeda agama atau kita harus memusuhi umat lain.

Rindu rasanya masa-masa polos dulu, ingin kembali ke masa SD yang polos dan ikhlas berteman dan bersahabat dengan siapa saja, tanpa memandang apa agamamu, apa rasmu, apa aliranmu. Begitu indah tanpa rasa saling menghina satu sama lain.

Kini serasa hilang itu semua, antarumat beragama saling mengklaim dirinya benar. Saling menjatuhkan, saling tikam, saling hantam, bahkan saling membunuh.

Sebenarnya untuk apa dan siapa agama itu diturunkan? Jika memang manusia sebagai makhluk mulia justru tidak mencerminkan abdi Tuhan. Banyak manusia yang mengambil alih tugas setan, dengan mengganggu sesamanya agar hidup tidak tentram. Banyak manusia yang mengabdikan diri pada setan, dengan menghiraukan perintah Tuhan. Banyak setan yang kerasukan manusia, dengan bertingkah laku melebihi iblis bergincu.

Disaat kami rindu kerukunan umat beragama, ada saja kelakuan kelompok agama yang merusak suasana. Disaat kami inginkan kedamaian beragama, ada saja kelakuan hamba yang menguras pikiran dan tenaga.

Agama itu bukan islam saja, agama bukan kristen saja, agama bukan hindu saja, agama bukan budha saja, agama bukan konghuchu saja. Tidak sepantasnya kita sebagai hamba mengklaim sebagai orang yang paling benar. Setiap agama dan utusan yang diturunkan oleh Tuhan membawa misi dan pada zamannya masing-masing.

Orang yang beragama adalah orang yang menanamkan nilai-nilai kebaikan dalam beragamaan, apapun agamanya.

Tuhan tidak pernah mengajarkan ketidakbaikan. Tuhan selalu mengajar kebaikan disetiap agama apapun.

Jika memang beragama tapi masih tidak toleran, lalu kita selama ini menyembang siapa?

Toto Si Mandja has written 510 articles

Tidak ada orang yang bodoh, yang ada orang yang tidak mau belajar.