Uji Kesaktian Pancasila

Sangat Ironis dengan pergejolakan politik di Indonesia. Isu apapun dimainkan demi kekuasaan. Lama-lama muak juga dengan kelakuan aktor-aktor yang mau merongrong kesatuan dan persatuan Indonesia. Dendam kesumat yang tak berujung, pilpres sudah hampir diselenggarakan lagi, tapi pihak-pihak yang menjadi dalang sangat senang membuat stabilitas politik goyah.

Terakhir rame masalah kasus ‘Ulama’ yang katanya dikriminalisasi, padahal kriminal yang diulamaisasi. Menyerca warga nonmuslim, tapi kelakuannya tidak lebih baik daripadanya. Agama dan dasar negara dibenturkan. Tak enak rasanya jika tidak begitu.

Pancasila sebagai dasar negara berkali-kali diuji kesaktiannya. Bermodal kedok agama, semuanya mendadak ‘berdalil’ seolah benar di mata agama. Padahal agama tidak pernah minta dibenarkan. Mengaku beragama tapi tak pernah menanamkan nilai keagamaan.

Agama yang saya kenal dulu tidak begini. Agama apapun itu, ajarannya menyejukkan, bukan mengundang amarah pemeluknya. Kini pemeluk agama mendadak menjadi pencaci-maki. Lupa ibadah dan sibuk menghakimi ‘penista’.

Pascasila selalu dipertentangkan dengan alasan tidak sesuai dengan syariat Islam, hahaha. Rasanya ko geli yah, dengar argumen seperti itu. Saat darah para pahlawan bercucuran, bahkan nyawa pun melayang, orang-orang yang merongrong itu masih dimana? tahu apa tentang sejarah Indonesia dan Pancasila?

Pancasila adalah dasar negara yang sudah tidak bisa ditawar-tawar lagi. Dikira pasar swalayan kali yah main tawar aja.

Sejak perundingan Pancasila, semua pihak yang mewakili seluruh rakyat telah sepakat bahwa ini adalah dasar negara yang sah. Pancasila sebagai dasar negara yang melahirkan UUD 1945 dan UU. Sekali lagi, rasanya ko lucu kalo ada orang-orang yang kekeh pengen ganti dasar negara pake ideologi yang gak jelas.

Nenek moyang bangsa Indonesia tidak akan pernah sudi dengan ide konyol ini, mendengar pernyataannya pun ogah. Saya yakin Indonesia dengan Pancasila menjadi negara yang berideologi kuat.

Saya yakin pejuang Indonesia tidak main-main merumuskan Pancasila sebagai Dasar Negara.

#SayaIndonesia
#SayaPancasila
#PekanPancasila

Toto Si Mandja has written 510 articles

Tidak ada orang yang bodoh, yang ada orang yang tidak mau belajar.